Tentang Hukum Mengirim Al Fatihah Kepada Orang Yang meninggal Dunia? Ust Abdul Somad: Kalau anda tidak percaya silahkan mati duluan nanti saya bacakan Al Fatihah

Apabila ada orang yang meninggal dunia, cepat-cepatlah kuburkan. Jangan jenazahnya tahan lama-lama. Setelah dikuburan cepat-cepatlah dibacakan dibagian kepalanya Al Fatihah. Kemudian dibagian kakinya bacakan ujung surat AL Baqarah.

Kemudian yang kedua, kata Abdullah Ibnu Umar bin Khattab dalam kitab ar-ruh, disebutkan bahwa apabila ada hamba Allah meninggal dunia maka bacakanlah pangkal dan ujung surat Al Baqarah.

Berdasarkan kedua dalil di atas menurut Mahzab Syafii dalam Kitab Al Majmu Syarah Muhazab disebut oleh Imam An-Nawawi bahwa sebaik-baiknya bacalah se khatam Alquran. Apabila tidak bisa se khatam al quran maka bacalah hatinya Al quran, qolbul Quran yaitu QS Yaasiin.

Dan apabila tidak sanggup membaca Surat Yaasiin karena terlalu panjang maka dibacakanlah Ummul Qur’an yaitu Al Fatihah.
Apakah sampai bacaan Al Fatihah untuk mayyit? Sampailah. Kalau anda tidak percaya silahkan mati duluan nanti saya bacakan Al Fatihah, kalau tidak sampai segeralah beri kabar 😊

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*