Ust Abdul Somad: Hukum Membaca AL Fatihah Ketika Berjamaah Bagi Makmum Ada Tiga

Apakah Sah Shalat Makmum Yang Tidak Membaca Al Fatihah? Apakah bacaan alfatihah ditanggung oleh Imam??

Jawaban
Membaca fatihah bagi makmum ada tiga. Pertama, menurut mahzab hanafi makmum tak perlu membaca fatihah. Dalillnya “bacaan imam sudah menjadi bacaan makmum”. Kedua, menurut mahzab syafii, makmum harus membaca al fatihah. Karena kata Nabi, “tidak sah shalat seseorang kalau tidak baca al fatihah”.

Ketiga, menurut mahzab maliki, kalau imamnya baca dan makmumnya dengar maka makmum tak perlu baca. Karena telinganya sudah mendengar. Akan tetapi kalau dia tidak mendengar seperti shalat dzuhur dan ashar maka dia mesti baca.

Jadi sangat mudah cara mengingatnya, Mahzab Imam Hanafi, mau dengar atau tidak dengar maka tak perlu baca karena imam sudah baca. Imam syafii, mau dengan atau tidak maka wajib baca karena makmum ibadahnya tanggungjawab sendiri. Kata Maliki, kalau shalatnya dengar, makmum tak perlu baca namun apabila bacaannya siir maka makmum wajib baca.

Inilah pendapat 3 mahzab tentang membaca bacaan al fatihah bagi makmum. Saya pribadi condong ke mahzab imam syafii, maka kalau saya jadi makmum maka saya baca al fatihah. Akan tetapi saya tidak menyalahkan ada orang yang condong ke Hanafi atau Maliki, asal jangan sampai dia condong ke tak sholat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*