Ust Abdul Somad Membongkar tentang Tahlilan Dari Tradisi Hindu atau Bukan

Tahlil itu kan laa Ilaha illallah, mana ada orang hindu pakai laa ilaha illallah? Yang dimaksud tahlilan itu berkumpul sama-sama, baca quran, berdoa, dan makan. Itu tradisi tabiin. Yang menyebutkan itu Imam Bin Hambal dalam Kitab Zuhud diriwayatkan dari Sufyan Az Jauri, Sufyan Az Jauri diriwayatkan dari Imam Atho’.

Kata dia, orang meninggal itu 7 hari 7 malam di uji, maka selama 7 hari itu dianjurkan sadaqah makanan. Itu riwayat tabiin. Jangan katakan dari Hindu.

Kalau mau buat sedeqah ya buatlah, kenapa kau sedeqah 7 malam? Begitu kata kalangan tabiin. Tapi Nabi kan tak buat begitu. Nah ini tradisi kalangan salaf. Imam Atho’ itu kalangan salaf, salafussholih. Sedeqah 7 hari 7 malam itu tradisi kalangan salafussholih. Kalau ada yang tidak mau ya tidak apa-apa kecuali Nabi membuat dan mewajibkan baru itu wajib.

Ada duit silahkan sedeqah, tidak ada duit ya tidak apa-apa. Jangan terjebak tradisi masyarakat. Sampai ngutang beli kelapa dan kacang ijo untuk buat bubur. Kasihan orang susah. Kalau ada keluarganya meninggal jangan utang-utang. Jangan beli makanan. Harusnya oranglain yang bawa makanan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*