Masyaallah! Ini Ganjarannya Sering Mendoakan Orang Lain, Subhannaallah

ISLAM sungguh agama yang sempurna, islam mengajarkan umuatnya untuk saling menjaga, saling memelihara persaudaraan sesama muslim dan saling mendoakan, do’a merupakan senjata bagi setiap umat muslim untuk berkomunikasi dengan sang pencipta. Berdoa sungguh banyak mendatangkan kebaikan, terlebih lagi jika kita mendoakan orang lain dengan ikhlas. Benarkah demikian?

Inilah Keuntungan Yang Di Peroleh Jika Kita Mendoakan Orang Lain Dengan Ikhlas

Seperti yang telah diterangkan dalam hadist Nabi yang telah diriwayatkan oleh Muslim “Seorang muslim yang telah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan mereka maka malaikat akan menyaksikan bahwa dirinya akan mendapatkan kebaikan yang sama dengan kebaikan orang yang telah didoakannya itu. Jadi tidaklah sia-sia jika kita mendoakan kebaikan atas orang lain karena sejatinya do’a itu adalah do’a untuk diri kita sendiri”. Dalam hadist di atas sangat jelas bahwa setiap orang muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah untuk kebaikannya serta untuk kebaikan saudaranya yaitu sesama orang muslim.

Dalam islam juga telah diajarkan untuk hidup saling berdampingan dengan orang lain serta harus memelihara persaudaraan dan perdamaian dengan orang lain sehingga dapat menjadikan hidup penuh ibadah dan pahala.

Apa keutamaan mendoakan kebaikan untuk sesama muslim?

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahuan orangnya termasuk dari Sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-menurun oleh para Nabi SAW dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka. Mereka senang kalua kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga mereka pun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka seperti mereka mendoakan diri mereka sendiri.

Dan diantara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukan kesempurnaan mereka. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri,” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik).

Karenanya Allah dan Rasul-Nya memotivasi kaum muslimin untuk senantiasa mendoakan saudaranya, sampai-sampai Allah Ta’ala mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk mengaminkan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya dan sebagai balasannya malaikat itupun diperintakan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut.

Berhubung doa malaikat sangat mustajabah, maka kita bisa menyatakan bahwa mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahuannya termasuk dari doa-doa mustajabah. Karenanya jika dia mendoakan untuk saudaranya dan tentu saja doa yang sama akan kembali kepadanya, maka potensi dikabulkannya akan lebih besar dibandingkan dia mendoakan untuk dirinya sendiri.

Sejatinya mengharapkan kebaikan dan kebahagian atas saudara, sahabat dan teman adalah mengharapkan kebaikan dan juga kebahagian untuk diri kita sendiri karena setiap orang yang mendapat kebaikan niscaya mereka akan membalasnya dengan baik, bahkan terkadang malah lebih baik dari apa yang kita harapkan,

Inilah pahala yang didapat jika mendoakan orang lain, untuk itu janganlah ragu untuk mendoakan atas kebaikan orang lain karena kita akan mendapatkan kebaikan yang sama yang akan diterima oleh orang lain itu. Selain itu mendoakan orang lain merupakan Sunnah Nabi dan akan mendapatkan pahala yang lebih jika kita mengamalkannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih. (neny

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*