Masyaallah! 91 Tahun Setelah Didirikan, Koran Berbahasa Arab Ini Masih Bertahan dengan Tulisan Tangan

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja semakin memberikan dampak untuk kehidupan manusia. Apalagi dalam hal dunia penerbitan serta media.

Namun faktanya masih ada koran atau surat kabar yang memakai tulisan tangan di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini.

Koran tersebut bernama The Musalman. Korban yang diterbitkan di India ini rupanya merupakan surat kabar cetak satu-satunya yang memakai tulisan tangan di dunia.

Media tersebut saat ini telah berusia 91 tahun dan berusaha untuk tetap mempertahankan tradisi mereka diaman dengan teknologi yang makin canggih ini.

Memiliki kantor pusat di Chennai, The Musalman ini diooperasikan oleh sosok bernama Syed Arifullah yang merupakan pria lulusan SMP.

Koran ini dibuat tahun 1927 lalu oleh Syed Azathulla yang merupakan kakek dari Arifullah.

Selama koran tersebut didirikan, The Musalman sudah berhasi melahirkan tiga editor. Mereka tak lain adalah Azathulla, lalu putranya Syed Fazlullah dan saat ini Arifullah yang masih berusia 30-an.

Di dalam menjalankan perusahaan ini, Ariifullah ikut dibantu oleh dua orang editor bahasa Urdu dan tiga penulis kaligrafi.

Mereka kerja di kantor pusat dari mulai pukul 10 pagi. Usai semuanya selesai dan diperiksa, kertas tulisan tangan pun langsung dicetak pada jam 1 siang.

Koran pun akhirnya bisa sampai pada sekitar 21 ribu pembacanya pada malam harinya.

Bukan hanya itu saja, ternyata The Musalman merupakan koran yang mempunyai harga paling murah di India.

Apabila koran yang lain menyoroti berita terbaru dan terkini, maka The Musalman akan membawakan sebuah warisan.

Saat yang lainnya sibuk untuk mencetak koran untuk diterbitkan esok paginya, maka Mulsaman justru bertugas untuk membuat pembacanya puas.

sumber: https://www.rancahpost.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*