Wajib Tahu! Inilah Jadwal Puasa 2018, Waktu Imsak dan Berbuka

Menyegerakan berbuka adalah sunnah. Namun berbuka sebelum waktunya justru membuat puasa batal alias tidak sah. Untuk itu, kita perlu mengetahui jadwal puasa Ramadhan 2018 dengan benar.

Mengakhirkan sahur juga sunnah. Namun sahur di saat sudah masuk waktu puasa justru membuat puasa tidak sah. Karenanya, kita perlu mengetahui jadwal puasa Ramadhan 2018 dengan benar.

Puasa Ramadhan dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Artinya, sahur tidak boleh melewati terbitnya fajar dan buka puasa bersamaan dengan berkumandangnya azan Maghrib. Namun Rasulullah biasa memberikan jarak sekitar 50 ayat antara sahur dengan terbit fajar, atau sekitar 10 menit. Itulah yang oleh sebagian ulama Indonesia disebut sebagai waktu imsak.

Ramadhan 1439 hijriyah yang bertepatan dengan 2018 masehi akan segera tiba. Salah satu hal penting yang perlu kita siapkan adalah jadwal puasa Ramadhan 2018.

Seperti disinggung di atas, dengan jadwal puasa 2018, kita bisa mempersiapkan diri dan keluarga untuk mengakhirkan sahur, menyegerakan berbuka, dan sholat di awal waktu.

Jadwal Puasa Ramadhan 2018 ini bersumber dari Website Bimas Islam yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Berikut adalah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 Dan Waktu Sholat Untuk Seluruh Wilayah Indonesia.

Catatan: Pilih kota atau kabupaten wilayah Anda sekarang seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Solo, Yogya, dan sebagainya. Dengan merubah kota di jadwal imsak diatas maka secara otomatis jam tersebut akan berubah sesuai kota yang Anda pilih. Perlu diingat, sistem penanggalan di aplikasi diatas adalah berdasarkan kalender masehi, tidak berdasarkan kalender hijriyah. mohon diteliti dengan baik.

Jika Anda membuka melalui smartphone dan jadwal Imsak diatas tidak bisa muncul seluruhnya maka silahkan putar atau rotate hp Anda ke posisi horizontal agar bisa muncul semua jadwal imsakiyah diatas.

sumber: jadzab,com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*