Catat, MTR Ini Menjadi Sarana Penyebaran Bakteri Di Hong Kong Dengan Cepat

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana bakteri menyebar dari satu ujung kota ke ujung lainnya?

Gianni Panagiotou dari Universitas Hong Kong dan timnya yang mempelajari bakteri pada sistem kereta Hong Kong atau yang populer disebut dengan Mass Transit Railway (MTR) menemukan bahwa meskipun setiap jurusan memiliki komunitas mikrobanya sendiri-sendiri, para pengguna kereta mencampurkan bakteri-bakteri ini dan menyebarkannya ke seluruh sistem.

Untuk menemukan hasil tersebut, para peneliti meminta para sukarelawan untuk menaiki kereta Hong Kong dan berpegangan selama 30 menit. Namun, sebelum masuk ke kereta, mereka harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Ketika bakteri pada tangan mereka diperiksa setelahnya, ditemukan bahwa mayoritas dari 140 jenis bakteri di kereta hanyalah bakteri kulit umum dan ragi. Bakteri-bakteri ini terbagi-bagi berdasarkan stasiun pertamanya dan menjadi karakteristik masing-masing jurusan.

Namun, percobaan kedua pada malam hari menunjukkan sesuatu yang berbeda. Mayoritas dari 140 jenis bakteri tidak lagi terdeteksi, sementara 48 jenis sisanya tersebar ke seluruh jurusan.

Artinya, bakteri-bakteri ini menumpang pada pengguna kereta untuk menyebar ke seluruh penjuru kota.

Para peneliti juga memeriksa gen resisten dari bakteri-bakteri ini. Mereka menemukan bahwa mayoritas resisten terhadap antibiotik, walaupun ada juga yang resisten terhadap tetracycline yang sering ditambahkan pada pakan babi.

Bakteri dengan gen resisten ini umumnya ditemukan di jurusan kereta utara pada pagi hari, tetapi telah menyebar ke seluruh penjuru kota pada malam hari. []

Sumber SCMP

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*